128 Tahun Bank Rakyat Indonesia, Kuat dan Hebat

Berawal dari Kas Masjid untuk Masyarakat

Bank Rakyat Indonesia didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah pada 16 Desember 1895 dan merupakan salah satu Bank milik pemerintah terbesar di Indonesia. Awal berdirinya Bank Rakyat Indonesia Bernama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden  pendirinya bernama Raden Bei Aria Wirjaatmadja. De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden  adalah lembaga yang mengelola dana kas masjid untuk disalurkan kepada Masyarakat dengan skema yang sangat sederhana.



Perjalanan Panjang hingga pada tahun 1946 tepatnya Tanggal 22 Februari 1946, Pemerintah Indonesia mengubah lembaga ini menjadi Bank Rakjat Indonesia (BRI) berdasarkan Peraturan Pemerintah No.1 tahun 1946 dan BRI menjadi bank pertama yang dimiliki Pemerintah Republik Indonesia. Pada tahun 1960, Pemerintah sempat mengubah nama BRI menjadi Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang merupakan peleburan dari BRI, Bank Tani dan Nelayan (BTN) dan Nederlandsche Handels Maatschappij (NHM).



Dalam menjalankan aktivitas operasional, Bank BRI berpedoman pada visi dan misi yang membantu Perusahaan untuk tetap fokus dalam meraih pencapaian keberhasilan. Visi dan misi ini membantu Bank BRI untuk selalu berupaya mencapai idealisme dengan mengingatkan manajemen serta karyawan bahwa mereka bekerja sama demi tujuan-tujuan yang sama, yang akan menjadi sumbangan dalam keberhasilan jangka panjang Perusahaan.


VISI dan MISI Bank Rakyat Indonesia

VISI Bank Rakyat Indonesia

Menjadi bank komersial terkemuka yang mengutamakan kepuasan nasabah

MISI Bank Rakyat Indonesia

  1. Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha Mikro, Kecil dan Menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi Masyarakat.
  2. Memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar luas didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dan teknologi informasi yang handal dengan menerapkan manajemen risiko yang tepat dan praktik good corporate governance
  3. Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders).

 


128 Tahun BRI Untuk Indonesia, Kuat dan Hebat

“Kuat dan Hebat” diusung sebagai tema perayaan Hari ulang Tahun ke 138 Bank Indonesia. Hal ini memperlihatkan perjalanan panjang Bank Rakyat Indonesia yang terus berfokus pada pertumbuhan berkelanjutan untuk membuat Bank Rakyat Indonesia makin kuat dan hebat dalam memberi makna Indonesia. Kuat dan Hebat juga berarti bahwa seluruh Insan BRILian (pekerja BRI) senantiasa memberi terbaik dengan mental tangguh untuk memberi kontribusi terbaik untuk Indonesia. Didukung dengan inovasi, teknologi, dan budaya berbasis kinerja, diharapkan Insan BRILian selalu siap membawa semangat perubahan untuk BRI.

 


Rangkaian Kegiatan Memperingati 128 Tahun Bank Rakyat Indonesia

Rangkaian kegiatan Hari Ulang tahun Bank Rakyat Indonesia ke 128 diantaranya SPORTARTCULAR, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, dan BRILiaN After Office. Sportartcular ini berbentuk kompetisi olahraga dan seni yang telah mulai berlangsung sejak awal Oktober 2023 lalu. Dengan mengusung tema ”Energize BRILian Winning Team”, acara ini merupakan bentuk implementasi budaya kolaboratif serta work life balance untuk seluruh Insan BRILian.

Penyelenggaraan Bank Rakyat Indonesia Sportartcular 2023 bertujuan untuk menumbuhkan jiwa berkompetisi yang sehat dan perilaku kolaboratif kepada seluruh pekerja Bank Rakyat Indonesia serta memperkuat engagement team sebagai bentuk internalisasi Budaya Kerja BRI.



Beberapa Cabang Bank Rakyat Indonesia telah melakukan kegiatan ini di tingkat regional. Diantaranya Cabang olahraga mini soccer, bulutangkis, bola basket, bola volley, e-sport, tennis, dan lainnya. Bidang seni diantaranya photografi dan BRI flash idol.

Selain kegiatan yang berfokus untuk para pekerja BRI (Insan BRILian), acara ini juga dimeriahkan Bazaar dan Showcase Road to UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR. Puluhan UMKM binaan BRI mempromosikan serta menjual produk-produk terbaiknya dengan promo-promo menarik di dalamnya. Terdapat rangkaian yang bermanfaat dan bermakna terutama untuk masyarakat. Pameran yang membuka kesempatan bagi pelaku UMKM yang ingin mengembangkan potensinya agar mampu bersaing di pasar internasional. BRI berkomitmen untuk memberikan pendampingan dan pelatihan agar UMKM mampu naik kelas. Kemudian ada malam penghargaan Nugraha Karya Desa BRILian. Desa-desa terbaik binaan BRI yang tersebar di Indonesia akan terpilih untuk mendapatkan apresiasi. Desa yang mampu berinovasi dan memaksimalkan potensinya masing-masing untuk perekonomian negeri akan terpilih.


Diusia 128 tahun, Bank Rakyat Indonesia melalui banyak tantangan perkembangan dunia finansial. Banyak gebrakan inovatif dilakukan untuk mendukung para pahlawan UMKM yang berdayasaing dengan standar internasional. Digitalisasi BRI (Bank Rakyat Indonesia) terus ditingkatkan untuk melanjutkan transformasi digital 3 tahun kedepan. 

Puncak rangkaian kegiatan ulang tahun Bank Rakyat Indonesia diadakan pada tanggal 16 Desember 2023 di Kantor Pusat Bank Rakyat Indonesia di Jakarta.


Komentar

Postingan Populer