Tips Komitmen Menghadapi Promo Belanja Online (Jangan Sakau)

Banyak promo belanja online dalam bentuk potongan harga (diskon), cashback, atau promo untung berhadiah. Tentulah ini mejadi hal yang menggiurkan bagi para konsumen terutama perempuan muda dan ibu-ibu pastinya.
Aku pernah berdiskusi dengan suami mengenai diskon besar-besaran toko atau situs belanja online. Menurutku diskon itu bagaikan candu. Melihat diskon, pasti hasrat ingin belanja menggebu-gebu. Sekalipun harga barang setelah didiskon masih terhitung tinggi atau mahal. Namun, karena diskon maka kesempatan tidak boleh dilewatkan. Kapan lagi bisa belanja barang incaran dengan harga yang lebih rendah. Seakan-akan jika tidak memanfaatkan diskon belanja online, bisa sakau alias gelisah sepanjang hari.
Untuk menghadapi promo diskon belanja online, kita perlu membentuk komitmen dalam diri dan keluarga menegenai hal tersebut. Berikut beberapa tips komitmen menghadapi pesta promo disko online.
  1. Memanfaatkan promo diskon sesuai kebutuhan
    Promo diskon pun sebenarnya memiliki banyak manfaat dan keuntungan. Diantaranya, jika ternyata barang yang dibutuhkan sedang promo diskon. Jadi manfaatkanlah promo diskon untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan primer dan bukan hanya sekedar butuh atau meladeni keinginan hasrat belanja semata. Buat catatan apa saja barang yang dibutuhkan dan sesuaikan dengan budget.

  2. Memanfaatkan promo cashback
    Ada beberapa situs belanja online yang menawarkan promo cashback, apakah dalam bentuk penambahan saldo ataupun dalam bentuk prnambahan point belanja. Kita dapat memanfaatkan promo tersebut untuk belanja lagi kebutuhan yang lainnya. Atau bisa juga disimpan dan dikumpulkan. Jika seudah terakumulasi sesuai dengan nilai yang ingin dibelanjakan, point tersebut dapat digunakan.

  3. Hindari diskon yang hanya sekedar diskon
    Banyak diskon yang ditawarkan hanya sekedar promo diskon, namun belum tentu dibutuhkan. Pikiran yang terlintas “ah,, pasti nanti juga dibutuhkan”.. kadang bisikan-bisikan ini yang mebuat makin ingin belanja. Mumpung promo istilahnya. Sekali lagi harus benar-benar belanja sesuai budget dan kebutuhan.
     
  4. Jangan tergiur diskon lainnya
    Jika sudah dapat promo diskon, jangan sampai tergiur lagi dengan promo diskon lainnya. Coba urungkan niat untuk mencari promo-promo lainnya jika kebutuhan telah terpenuhi. 

  5. Jangan kebablasan karena pakai kartu kredit
    Ada beberap orang yang belanja online tidak menggunakan transfer tunai atau kartu debit. Mereka menggunakan kartu kredit untuk mengefisienkan belanja pada situs online. Namun ini yang menjadi boomerang bagi diri sendiri. Keterusan belanja alias kebablasan bisa saja terjadi dan akhirnya tagihan kartu kredit semakin membengkak.


Demikian sedikit tips komitmen memanfaatkan promo belanja online. Semoga bermanfaat…
Jadilah konsumen yang cerdas yach…

Komentar

Postingan Populer