Insto Dry Eyes Sebagai Solusi Mata Kering Bagi yang Sering Menatap Layar Laptop

Pengalaman sebagai mahasiswa menyusun Tugas Akhir memaksa kita menjadi lebih sering berhadapan dengan layar komputer atau laptop. Tanpa disadari perilaku tersebut dapat membuat efek buruk pada Kesehatan mata. 

Insto Dry Eyes

Gawai, Komputer ataupun laptop memancarkan sinar biru yang sejenis dengan sinar dari paparan Cahaya matahari. Kebiasaan menatap laptop secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan mata berisiko mengalami kondisi mata kering, mata Lelah, pembuluh darah mata pecah, mata minus, dan lebih buruk lagi beresiko kebutaan.

Gejala Mata Kering (Mata Pegal, Mata Sepet, Mata Kering)

Gejala mata kering dapat bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Gejala tersebut dapat memengaruhi satu atau kedua mata. Beberapa gejala yang umumnya dialami penderita mata kering yaitu :

-       Mata merah

-       Mata terasa panas

-       Mata terasa seperti berpasir atau ada yang mengganjal

-       Mata berair karena iritasi pada mata

-       Sensitif terhadap sinar matahari

-       Penglihatan buram dan membaik setelah berkedip

-       Lendir di dalam atau sekitar mata, terutama saat bangun tidur

-       Mata terasa cepat lelah

 

Bahaya Mata Kering

Banyak yang menyepelekan mata kering atau dry eye. Bukan hanya prevalensinya termasuk tinggi, tetapi juga karena penderitanya tidak mengalami gejala yang mengganggu secara signifikan. Mata kering yang tak tertangani dengan baik mengakibatkan penurunan kualitas hidup lantaran penderitanya tidak dapat beraktivitas dengan optimal, dan menjadi bergantung pada obat-obatan. Bahkan, jika terus dibiarkan bisa merusak permukaan mata akibat peradangan atau infeksi. Kerusakannya bisa tergolong ringan sampai berat, dan berlangsung temporer maupun permanen.


Penyebab Mata Kering

Penyebab mata kering dibagi menjadi dua, yaitu penurunan produksi air mata dan peningkatan penguapan air mata.

Penurunan Produksi Air Mata

Dry eye syndrome adalah kondisi yang kerap terjadi karena penurunan produksi air mata oleh kelenjar air mata. Sejumlah kondisi yang dapat menurunkan produksi air mata adalah: 

  • Lanjut usia.
  • Menderita penyakit sistemik, seperti lupus, diabetes, sindrom Sjogren, scleroderma, gangguan hormon tiroid, dan rheumatoid arthritis.
  • Kekurangan asupan vitamin A.
  • Efek samping obat-obatan tertentu, seperti dekongestan, antihistamin, obat hipertensi, obat jerawat (tretinoin), obat penyakit Parkinson, atau antidepresan.Efek samping tindakan medis tertentu, seperti terapi pengganti hormon, radioterapi, atau operasi laser mata.

Peningkatan Penguapan Air Mata

Jika tidak mengandung lemak yang cukup, air mata cenderung menguap sehingga membuat mata mudah kering. Secara umum, berikut adalah sejumlah kondisi yang dapat menyebabkan air mata mudah menguap.

  • Defisiensi vitamin A.
  • Terpapar polusi udara atau udara kering.
  • Reaksi alergi pada mata.
  • Gangguan pada kelopak, seperti ektropion (kelopak mata berbalik ke luar) atau entropion (kelopak mata berbalik ke dalam).
  • Kebiasaan membaca atau menatap layar gadget dalam jangka waktu lama.
  • Menderita penyakit Parkinson sehingga membuat seseorang jarang berkedip.

Risiko Mata Kering Jika Tidak Diatasi

Umumnya, penderita mata kering hanya mengalami iritasi ringan tanpa efek jangka panjang. Namun, jika tidak diobati atau bertambah parah, mata kering dapat menyebabkan komplikasi berupa:

-       Infeksi mata

-       Konjungtivitis

-       Kerusakan pada kornea

-       Ulkus kornea

-       Gangguan penglihatan

Selain beberapa komplikasi di atas, sindrom mata kering juga dapat menyebabkan penderitanya kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari, seperti membaca atau mengemudikan kendaraan.

Insto Dry Eyes sebagai Solusi Mata Kering

Intensitas paparan cahaya dari laptop perlu dikurangi agar dapat merawat Kesehatan mata. Jika terpaksa harus menatap layar laptop hingga berjam-jam, perlu dilakukan beberapa hal untuk meminimalisir risiko mata kering diantaranya :

  • Mengatur jarak mata dan laptop 50 – 70 cm
  • Berikan waktu untuk mata beristirahat sejenak. Alihkan pandangan mata ke arah lain selamat 20 detik setiap 20 menit sekali.
  • Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang terutama yang mengandung banyak vitamin A.  
  • Jika perlu menggunakan obat tetes mata.

Salah satu tetes mata yang direkomendasikan sebagai #solusimatakering yaitu Insto Dry Eyes. #InstoDryEyes digunakan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala kekeringan pada mata, meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata.

solusi mata kering


#InstoDryEyes direkomendasikan karena mengandung bahan aktif yang bekerja memberikan efek pelumas seperti air mata untuk mengatasi mata kering. Mengandung bahan aktif yang dapat meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata.

Komentar

Postingan Populer